5 Telaga Cantik Nan Sempurna di Dieng Wonosobo

Telaga Warna di Dieng
Telaga Warna Dieng Wonosobo

5 Telaga Cantik Nan Sempurna Di Dieng Wonosobo – Keindahan dan kekayaan alam “Negeri Di Atas Awan” menjadi daya tarik tersindiri bagi para wisatawan domestik maupun mancanegara. Berbagai objek wisata alam tersaji di Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng. Diantaranya adalah Kawah Dieng, Candi Dieng, Gunung Dieng, dan juga Telaga Dieng. Berikut  adalah ulasan Telaga Cantik Nan Sempurna Di Dieng Wonosobo.

1. TELAGA WARNA 

Telaga Warna memang menjadi salah satu tujuan wisata utama di Dataran Tinggi Dieng Wonosobo. Dari kesekian banyak telaga di Dieng, yang menjadi ikon atau simbol dari wisata di Dieng sejak dahulu adalah Telaga Warna. Karena keindahannya banyak wisatawan yang berkunjung ke Telaga Warna, baik domestik maupun mancanegara.

Telaga Warna Merupakan telaga yang terbentuk akibat letusan gunung berapi. Telaga Warna merupakan danau vulkanik yang berisi air bercampur dengan belerang, apabila terkena sinar matahari  akan memantulkan sinar warna-warni karena kandungan bahan mineralnya. Terkadang berwarna biru dan kuning atau hijau dan kuning.

Mengenai mitos yang terdapat di Telaga Warna, yang sampai saat ini masih banyak di bicarakan adalah dahulu ada sebuah cincin milik bangsawan yang memiliki kekuatan terjatuh kedalam telaga. Singkat cerita cincin tersebut mengakibatkan warna-warni pada Telaga Warna.

Ada banyak spot yang bisa di manfaatkan untuk menyalurkan hobi foto anda atau menikmati pemandangan Telaga Warna dengan sempurna, diantaranya dari tepian Telaga Warna secara langsung atau dari atas Batu Ratapan Angin (Batu Pandang) dan Bukit Sidengkeng.

2. TELAGA PENGILON

Telaga Pengilon sering di sebut sebagai telaga kembarannya Telaga Warna karena letaknya yang berdampingan, tepatnya di sebelah selatan. Hanya saja telaga ini memiliki perbedaan yang kontras yaitu berkaitan dengan warna. Sesuai dengan namanya Telaga Pengilon memiliki warna air yang sangat jernih dan bening. Mengenai ukurannya Telaga Pengilon lebih kecil dari pada Telaga Warna.

Telaga Pengilon (diambil dari bahasa Jawa yaitu Ngilo, dalam bahasa Indonesia adalah bercermin) karena kejernihan air di Telaga Pengilon, sering di kaitkan dengan mitos. Yaitu apabila seseorang bercermin di Telaga Pengilon yang berhati baik/ mulia akan terlihat tampan atau cantik, begitu sebaliknya apabila ada seseorang berhati busuk yang bercermin di Telaga Pengilon maka akan terlihat jelek. Sampai sekarang masyarakat Dieng masih percaya Telaga Pengilon dapat mengetahui isi hati seseorang.

telaga cebong dieng
telaga cebong (foto diengplateu)

3. TELAGA CEBONG 

Telaga Cebong merupakan salah satu telaga favorit di Dieng. Berada di desa tertinggi di Pulau Jawa yaitu tepatnya di Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar dan memasuki kabupaten Wonosobo. Selain dimanfaatkan untuk pariwisata Telaga Cebong juga dimanfaatkan masyarakat setempat untuk pengairan lahan pertanian berupa sayur-mayur.

Telaga ini berada di kaki Bukit Sikunir yang merupakan salah tempat wisata favorit di Dieng sehingga selalu ramai di kunjungi oleh para wisatawan. Ada berbagai aktivitas yang dapat anda saksikan di sekitar Telaga Cebong diantaranya aktivitas para petani kentang Dieng yang sedang bercocok tanam di ladang-ladang sekitar telaga, ada yang mengemudikan perahu untuk wisatawan yang ingin berkeliling telaga, jika sore hari anda dapat  menemukan orang-orang yang sedang asyik menyalurkan hobi memancing.

4. TELAGA MERDADA

Telaga Merdada merupakan telaga terluas di Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng, kurang lebih 25 hektar dengan kedalam 2 sampai 10 meter. Dahulu Telaga Merdada merupakan kawah gunung berapi yang kemudian terisi air/ kepundan.

Kawasan Telaga Merdada sering digunakan untuk perkemahan, disamping kondisi yang memungkinkan, Telaga Merdada juga memiliki keindahan alam yang menakjubkan. Spot yang bagus untuk melihat atau memotret Telaga Merdada ialah dari perbukitan sekitar, contohnya dari Bukit Pangonan Dieng. Disinilah anda akan melihat area Telaga Merdada secara keseluruhan.

5. TELAGA MENJER

Telaga Menjer memiliki pemandangan alam yang luas dan lepas. Telaga ini terletak di desa Menjer, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo. Telaga Menjer merupakan telaga terluas di Wonosobo, dengan luas 70 hektar. Telaga Menjer berada pada ketinggian 1.300 meter dari permukaan laut, disamping digunakan untuk wisata aii, Telaga Menjer dimanfaatkan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Air sejak tahun 1982.

Ada beberapa spot objek yang biasa di manfaatkan untuk mengabadikan momen terindah yaitu dari Perkebunan Teh Tambi yang berada di Desa Tlogo. Disitulah anda bisa memotret Telaga Menjer secara keseluruhan.

Demikian ulasan tentang 5 Telaga Cantik Nan Sempurna yang berada di kawasan wisata Dataran Tinggi Dieng Wonosobo.

 

(Visited 46 times, 1 visits today)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*