9 Kuliner Wajib Saat Berkunjung Ke Dieng Wonosobo

kuliner khas dieng
carica

9 Kuliner Wajib Saat Berkunjung ke Dieng Wonosobo – Tempat wisata di Wonosobo memang terkenal oleh wisatawan baik dari Indonesia bahkan sampai luar negeri, tak sedikit yang datang ketempat ini terutama kawasan yang paling terkenal adalah Kawasan Wisata Dieng. Dieng merupakan sebuah dataran tinggi paling cantik di Jawa Tengah.

Wonosobo tidak hanya memiliki panorama alam yang dapat memanjakan siapapun yang datang mengunjunginya. Namun Wonosobo juga memiliki beberapa makanan khas yang wajib anda coba ketika berkunjung ke kawasan wisata di Wonosobo.

1. MIE ONKLOK

Salah satu makanan wajib yang anda harus coba saat berkunjung ke Dieng Wonosobo adalah Mie Onklok. Jika anda berkunjung ke Wonosobo belum menikmati masakan khas Wonosobo ini, maka belum lengkap wisata anda ke Wonosobo. Mie Ongklok merupakan makanan khas Wonosobo yang menjadi ikon utama dari kota Wonosobo.

Mie Ongklok dibuat dari mie, kubis, kol, daun kucai dicampur dengan kuah kacang kemtal berkanji atau yang biasa disebut dengan loh. Di buat dengan racikan khusus Mie Onklok ini biasa disajikan dengan sate kambing dan juga tempe kemul yang juga merupakan khas Wonosobo serta keripik tahu.

Ongklok, sebenernya adalah nama alat bantu untuk merebus mie. Semacam keranjang kecil dari anyaman bambu yang di pakai untuk membantu perebusan mie. Penggunaan alat bantu khas daerah setempat ini, sehingga di berikanlah nama mie rebus ini sesuai dengan alat tersebut, Mie Ongklok.

kuliner khas wonosobo, tempe kemul
tempe kemul (foto jajanmu.besaba)

2. TEMPE KEMUL

Tempe Kemul, berarti tempe yang diselimuti. Selimut atau orang Wonosobo menyebutnya “kemul” untuk tempe yang terbuat dari tepung gandum. Tempe Kemul merupakan makanan khas Wonosobo. Tempe Kemul berbeda dengan tempe mendoan, tempe Kemul sedikit lebih banyak tepungnya, sehingga lebih renyah di banding mendoan.

Tempe Kemul biasanya disajikan sebagai pendamping Mie Onklok atau sebagai teman minum teh tambi juga purwaceng. Anda akan sangat mudah menjumpai penjual Tempe Kemul  saat berkunjung ke Dieng Wonosobo.

3. CARICA

Carica merupakan buah khas Dieng Wonosobo dan hanya tumbuh di dataran tinggi Dieng, hal ini memang terdengar aneh namun hal itu benar adanya. Beberapa orang mencoba menanam kembali Carica di tempat lain, namun yang tumbuh bukanlah Carica namun pepaya biasa. Carica merupakan buah dalam keluarga pepaya, tapi buahnya lebih kecil dan bergelombang  . Rasa buah mentahnya juga berbeda asam pada dagingnya dan manis keasaman pada bijinya.

Oleh masyarakat Dieng maupun masyarakat Wonosobo buah Carica di olah menjadi berbagai olahan seperti manisan, keripik dan lainnya. Di Wonosobo buah Carica menjadi oleh-oleh khas Wonosobo yang paling utama, biasanya dalam bentuk manisan yang sudah dikemas ke berbagai kemasan mulai dari cup hingga botol, rasanya pun juga nikmat. Jika anda jalan-jalan ke dataran tinggi Dieng Wonosobo, banyak rumah-rumah yang menjual aneka macam olahan Carica di pinggir jalan raya.

4. DENDENG GEPUK

Makanan khas Wonosobo yang terbuat dari daging sapi pilihan ini, wajib anda coba. Makanan yang serupa memang banyak ditemukan di daerah lain, namun ada keunikan tersendiri dari Dendeng Gepuk Wonosobo ini. Agar lebih nikmat saat menyantap makanan ini adalah di pasangkan dengan nasi putih hangat dicampur dengan sambal bajak.

Untuk mendapatkan Dendeng Gepuk, anda harus pergi ke pusat oleh-oleh khas Wonosobo yang ada di sekitar pusat kota. Harganya cukup terjangkau, mulai dari Rp 100,000/ kotaknya. Penasaran?

5. SAGON

Sagon merupakan salah satu makanan khas Wonosobo dan termasuk ke dalam makanan tradisional. Sagon terbuat dari tepung sagu dengan parutan kelapa dan ditambahkan gula. Dimasak dengan cara dibakar diatas kayu bakar atau arang, wanginya semakin menjadi untuk mengundang selera bagi siapapun yang menciumnya.

Jika anda datang ke Wonosobo sempatkanlah datang ke pasar induk Wonosobo, disana anda akan menemukan oleh-oleh khas Wonosobo yaitu sagon. Biasanya para pedagang akan berjualan sagon ini pada komplek dan akan lebih nikmat jika di sajikan hangat., dengan bentuk bulat dan tebal membuat ketagihan konsumen yang memakannya.

6. KACANG DIENG

Makanan khas Wonosobo selanjutnya adalah kacang Dieng, masyarakat sekitar sering menyebutnya dengan “kacang babi”. Kacang Dieng berasal dari tumbuh-tumbuhan sejenis kacang-kacangan yang hanya tumbuh dengan baik di dataran tinggi Dieng. Kacang ini memiliki bentuk yang unik, bentuknya besar dan melebar yang ditengahnya berwarna hitam.

Kacang Dieng termasuk jenis kuliner atau makanan ringan yang terkenal akan kelezatannya, rasanya yang gurih dan mengandung nilai gizi yang tinggi. Bagi anda yang hobi makan kacang, dijamin akan ketagihan. Pantas saja jika Kacang Dieng sudah menjadi primadona dikalangan wisatawan, disamping harganya yang terjangkau Kacang Dieng cocok untuk oleh-oleh atau sekedar untuk cemilan di perjalanan.

8. PURWACENG

Purwaceng merupakan tanaman yang banyak ditemukan di Wonosobo dan dulu kala merupakan sebuah tanaman obat yang di olah oleh masyarakat sekitar untuk obat berbagai penyakit, mulai dari meningkatkan metabolisme tubuh, saraf, otot, mengatasai masuk angin, melancarkan buang air kecil, mengatasai pegal linu dan masih banyak lagi.

Namun yang paling terkenal purwaceng ini dapat digunakan sebagai viagra tradisional yang paling mujarab. Di Wonosobo purwaceng sering diolah menjadi teh maupun campuran kopi untuk rasa lebih nikmat. Kini, anda sudah dipermudah mendapatkan purwaceng karena sudah di kemas dalam bentuk sachet.

9. OPAK SINGKONG

Bagian sebagian orang pasti tidak asing dengan istilah opak, namun jika anda datang ke Wonosobo jangan kaget jika disuguhi makanan khas Wonosobo yang bernama Opak. makanan khas ini terbuat dari bahan dasar singkong, yang direbus dan di tambahkan sedikit kucai serta garam secukupnya, lalu di tumbuk hingga halus, kemudian dipipihkan dan dijemur, setelah kering lalu digoreng. Opak ini banyak di produksi di daerah Wonosobo misalnya Krakal, Kalibeber, dan sebagainya.

Opak Singkong Kalibeber juga termasuk salah satu jajanan oleh-oleh khas Wonosobo yang wajib di coba. Sekedar saran, bila ingin menjadikan makanan ini sebagai oleh-oleh, belilah yang masih dalam bentuk setengah matang atau belum digoreng. Tanyakan pada penjual, bagaimana cara menggoreng opak dengan benar.

Demikian ulasan beberapa makanan khas Wonosobo yang wajib anda nikmati saat berkunjung ke Dieng Wonosobo . Bagi anda wisatawan dan pecinta kuliner lengkapilah perjalanan wisata anda ke tempat yang indah ini, dengan menikmati kuliner khas dari Wonosobo.

foto diengplateuhomestay

(Visited 111 times, 1 visits today)