Cara menjaring rupiah dari barang bekas #CintaRupiah

barang bekas
mengolah barang bekas

Cinta rupiah – Gerakan cinta rupiah yang dicanangkan oleh Bank Indonesia kini telah menggema hingga ke pelosok nusantara. Banyak cara yang bisa dilakukan agar masyarakat semakin cinta dengan rupiah, mata uang negara kita yang sangat kita banggakan walaupun sering kalah bertarung melawan mata uang dari negara lain.

Rupiah adalah identitas bangsa, alat bayar yang diakui pemerintah, alat pemersatu bangsa, dan juga sebagai alat untuk menegakkan kedaulatan NKRI. Tidak heran, melihat fungsinya yang sangat kompleks seperti masyarakat Indonesia yang beragam, mata uang rupiah memegang peranan yang sangat penting dalam kehidupan bermasyarakatnya.

Salah satu cara mencintai rupiah adalah dengan memanfaatkan barang-barang bekas yang banyak terdapat di sekitar, mengolahnya menjadi barang bernilai tinggi, kemudian menjualnya. Syaratnya hanya satu, yaitu Anda harus telaten. Kalau Anda tipe yang tidak sabaran, akan sulit mengubah barang-barang bekas menjadi barang bernilai tinggi dan layak jual.

Kira-kira apa saja ya, barang bekas yang bisa dimanfaatkan agar bisa disulap menjadi rupiah?

1.Kertas koran
Anda bisa membuat berbagai keterampilan tangan dari koran-koran bekas, seperti membuat mangkok kertas, keranjang, dan lain-lain.

2.Kaleng bekas makanan seperti biskuit, susu, sarden
Banyak yang bisa disulap dari benda-benda ini, misalnya celengan, tempat sendok dan garpu, atau bisa juga tempat pensil yang unik.

3.Talenan
Anda bisa berkreasi dengan talenan bekas dan menggambar apa saja di sana. Hanya butuh beberapa kaleng cat kecil saja dan tunggu sampai catnya kering. Taraa … selesai deh! Talenan hias itu bisa dipajang di dinding sebagai pemanis tembok yang indah.

4.Stik es Krim
Bahan ini paling gampang pengolahannya. Sudah banyak buku-buku yang mengupas tentang cara membuat berbagai kotak untuk tempat pensil, seperangkat kursi dan meja mainan, pigura, dan lain-lain.

5.Kardus bekas
Pilih kardus yang kuat ya, bahan ini bisa untuk membuat tempat kosmetik mini yang di gantung atau ditaruh di meja. Beri saja tambahan pita atau renda-renda, jadi deeh …

6.Sedotan plastik
Bahan-bahan ini paling banyak digunakan untuk membuat berbagai kerajinan tangan seperti bunga, taplak meja, dll

7.Ban bekas
Meskipun bahan ini yang paling sulit diolah, tetapi Anda bisa kok melakukannya. Ubah saja menjadi kursi santai atau kursi malas. Tinggal tambahkan kain berwarna cerah, renda, rumbai-rumbai, dan spons bantalnya, Anda akan terpana melihat hasilnya.

Nah, banyak sekali kan, cara menyulap barang-barang bekas tersebut menjadi rupiah? Dengan menyelamatkan barang-barang bekas yang ada di lingkungan sekitar, berarti Anda sudah menguatkan mata uang rupiah lho.

 

foto viva

(Visited 120 times, 1 visits today)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*