Kemeriahan Festival Balon Udara Tradisional Di Wonosobo

balon udara di wonosobo
festival balon udara

Kemeriahan festival balon udara tradisional di Wonosobo – Pada saat Kota Wonosobo akan memperingati hari ulang tahun kotanya, banyak acara yang akan di gelar oleh pemerintah Kabupaten Wonosobo. Antara lain adalah Doa keselamatan dari lintas agama, Pesta Rakyat, Wonosobo Night Costum Carnival, Sendratari Dieng Negeri di Awan, Kirab Budaya, Ruwatan Rambut Gembel/Gimbal, Pentas Artis Ibu Kota dan yang tak kalah menarik adalah Festival Balon Udara Tradisional.

Festival balon udara merupakan ajang untuk beradu kreativitas dan kemahiran para desainer balon tradisional. Balon yang digunakan dalam acara ini berbahan baku kertas dan tenaga untuk menerbangkannya berupa asap. Tak seperti balon udara pada umumnya seperti di luar negeri balon udara tradisional ini tidak dapat dinaiki.

Pada awalnya balon udara hanya digunakan untuk memeriahkan hari besar agama, contohnya saat hari lebaran tiba. Hampir setiap desa di Kabupaten Wonosobo membuat balon udara untuk diterbangkan pada saat Hari Raya Idul Fitri. Karena begitu banyak potensi dan kreativitas para pemuda di Wonosobo ini, maka pemerintah Kabupaten Mengadakan festival balon udara tradisional ini sebagai event tahunan yang diadakan dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun Kabupaten Wonosobo.

festival balon udara
balon udara (foto jawapos)

Kemeriahan festival balon tradisional ini menjadi daya tarik sendiri bagi para wisatawan, banyak yang menanyakan kapan diadakannya festival ini. Mereka ingin sekali menyaksikan secara langsung festival ini balon udara yang marak dibicarakan oleh media. Biasanya mereka yang ingin menyaksikan kemeriahan festival ini juga sekaligus untuk berlibur ke Dieng.

Festival balon udara tradisional ini telah beberapa kali diselenggarakan sejak tahun 2005. Awalnya bertempat di alun-alun Kota Wonosobo, kemudian saat ini dialihkan di lapangan Kecamatan Sapuran. Karena alun-alun Wonosobo sudah di tata/dibangun menjadi alun-alun kota yang bersih dan rapih. Agar alun-alun kota tidak rusak maka dipindahkan kelapangan Sapuran. Meskipun festival ini tidak diselenggarakan di alun-alun kota, masih saja tetap di penuhi oleh warga lokal maupun wisatawan dari dalam dan juga luar negeri yang ingin menyaksika kemeriahan festival balon udara tradisional di Wonosobo ini.

Biasanya balon-balon tersebut didesign sangat menarik dengan warna-warni yang mencolok sehingga bila sudah diterbangkan dapat terlihat bagus dan indah. Dalam festival balon udara ini pemenang yang dipilih adalah balon udara dengan design unik, warna cantik dan yang pasti harus bisa terbang tinggi. Siapa saja boleh berpartisipasi pada festival balon udara tradisional di Wonosobo.

(Visited 170 times, 1 visits today)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*