Redenominasi Rupiah, Perlukah ? #CintaRupiah

cinta rupiah
redenominasi rupiah

Cinta Rupiah –  Santer pemberitaan mengenai akan dikuranginya nominal pada mata uang rupiah akhir-akhir ini cukup sering didengar dari tahun 2013 lalu. Namun, beberapa tahun belakangan ini belum juga dibahas lebih detail mengenai wacana ini.

Ternyata pada tanggal 17 Juli 2017 lalu pemerintah menghamparkan lagi wacana penyederhanaan mata uang rupiah ini atas dorongan dari Bank Indonesia (BI) mengenai Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Redenominasi Rupiah untuk ditindaklanjuti dalam Program Legislasi Nasional yang digelar bersama komisi XI DPR RI di Jakarta. Namun berhembus kabar bahwa penyederhanaan nilai mata uang rupiah akan segera direalisasikan pada tahun 2020.

Redenominasi adalah istilah untuk penyederhanaan nominal dari nilai suatu mata uang menjadi lebih kecil tanpa mengubah nilai tukarnya sehingga tidak mengurangi daya beli, harga, atau nilai tukar mata uang tersebut terhadap barang atau jasa. Rencananya redenominasi ini akan dilakukan dengan menghilangkan tiga dgit angka nol dan penggunaan kembali istilah sen untuk mata uang dibawah Rp. 1000 dengan penghilangan satu digit angka nol. Misalnya uang dengan nominal Rp. 100.000 akan menjadi Rp. 100, dan seterusnya hingga Rp. 1000 menjadi Rp 1. Sedangkan uang dengan nominal Rp. 500 menjadi Rp. 50 sen, Rp. 100 menjadi Rp. 10 sen, Rp. 50 menjadi Rp 5 sen, sampai Rp. 10 menjadi Rp. 1 sen.

Lalu kira-kira perlu tidak sih redenominasi rupiah ini? Tujuan dari redenominasi rupiah ini sendiri salah satunya adalah untuk menyetarakan nilai mata uang kita dengan mata uang asing agar terlihat tidak begitu jatuh sehingga citra mata uang rupiah di kancah Internasional juga tidak terlalu menjomplang karena seperti kita ketahui konversi nilai mata uang dari 1 dollar AS setara dengan Rp. 13.518,3 tentunya angka ini sangat besar jika dibandingkan dengan konversi setelah dilakukan redenominasi, yakni menjadi berkisar Rp. 13,5. Keuntungan dari adanya redenominasi ini juga untuk mempermudah perhitungan saat sedang melakukan transaksi jual beli tentunya.

Wah pastinya sudah tidak sabar ya menunggu kabar baik ini segera direalisasikan. Dengan adanya redenominasi rupiah ini tentunya nilai tukar rupiah menjadi lebih baik lagi di mata dunia.

(Visited 102 times, 1 visits today)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*